1. salam buat sahabat inspirasi5jari, dan juga ucapan terima kasih sudah mau berkunjung dan memberikan komentarnya di blog saya. Sebagai salah satu komunitas orang muda Indonesia yang ingin maju, saya belum melihat peran yang signifikan Karang Taruna di Indonesia, kalau dihubungkan dengan filosofi logo, barangkali belum tampak partisi yang menunjukkan keinginan untuk maju dan berkembang secara positif , atau mungkin saya saja yang belum bisa membaca arti logo tersebut. Logo yang sekarang ada sepertinya logo statis yang hampir sama dengan logo-logo organisasi kemasyarakatan yang berafiliasi dengan birokrasi, logo yang menurut saya jauh dari kedinamisan yang merupakan jiwa anak muda. Bagaimana menurut sahabat inspirasi5jari, apakah ada ide membuat logo yang dapat menginterpretasikan kedinamisan anak muda Indonesia ?

      • dani
      • May 2nd, 2009

      karang taruna. anak muda, dua hal yang kini sulit di satukan, tak tahu apa yang ada di pikiran teman teman kita yang terjebak dalam pemikiran yang cukup di bilang hedonis, hedonisme yang meracuni hati dan pikiran, hingga memudarkan semngat muda kita, bahkan hari sumpah pemuda telah hilang ruh nya,,

      • @mas dani: Itulah ceritanya mas, maka dari itu saya pernah menulis tentang ‘karang taruna di jaman sekarang’. Karena saya melihat ada sesuatu yang tidak bisa lagi disatukan antara karang taruna dan anak muda zaman sekarang. Berbeda di sekitar tahun 2000 saya pertama bergelut dikarang taruna, di tahun itu kita masih cukup mudah untuk mencari anggota, tetapi di tahun 2005 saya menjabat sebagai ketua karang taruna, sudah mulai sulit untuk menjaring anggota. Bahkan para orangtua pun lebih senang anaknya ikut bimbingan belajar daripada ikut organisasi sosial. tragic!

      • wieby
      • August 23rd, 2009

      HI… Assalamuallakium punten pak ni dari cirebon, tepatnya Kabupaten.Minta BANTUANYA untuk Pembentukan karang taruna di Desa Waruroyom,sayang anggaran dari pusat selalu cair tapi ga tau arahnya kemana tuch?0813955555575

  2. Terima kasih juga untuk putra jati melayu yang telah sudi melakukan kunjungan balik ke gubuk saya yang hina ini.

    Menanggapi komentar saudara, sepertinya mengapa anda belum melihat peran yang signifikan dari karang taruna indonesia, karena memang karang taruna sekarang kurang di support oleh pemerintah. Dan juga pergaulan anak2 muda sekarang yang lebih suka hura2 daripada organisasi.
    Yang mana saya jadi punya satu pertanyaan, Masih pantaskah organisasi karang taruna di zaman sekarang ini? kalau memang itu masih pantas, tampaknya kita perlu mencari pembina2 generasi muda yang berkualitas bukan hanya mengurusi politik saja.
    Masalah Logo, saya belum berani lancang untuk meng-acak2 logo tersebut, mungkin kalau anda berminat bisa langsung di usulkan ke bapak menteri design republik Indonesia di situsnya.

    Terima kasih..:)

  3. saya juga pernah menulis artikel tentang ini…

    bisa anda baca disini :
    http://gael-radcliffe.co.cc/?p=19

    terima kasih..:)

  4. thank ya …logo na aq pinjam he…he…..

  5. kepada temen-temen saya mohon bantuannya,dalam hal kepengurusan K.T

    saya sangat-sangat berterima kasih atas bantuannya,,
    saya tunggu email nya,.

    thank b4.

    choky purwakarta

  6. salam kenal tuk semua pemuda/i indonesia, wahai pemuda/i indonesia marilah kita tingkatkan kualitas kehidupan sosial masyarakat dan majukan karang taruna yang ada di daerah kita masing-masing.
    salam kenal
    ahmad rifaudin
    pedalaman pandeglang

    • heru
    • March 4th, 2009

    tanks ya logo nya,,
    gw baru mau ngerintis karang taruna RW ni,
    mohon masukan,saran n apa aja deh baut majuin karang taruna gw..
    sukses selalu bro…

    • @mas heru :
      yg jelas lo harus bikin event dimana karang taruna lo bisa dikenal.. minimal bisa kompak dalam bekerja dan menjadi satu tim yg solid…
      sebentar lagi kan 17an, mungkin lo bisa mulai dari situ.. atau ngadain kegiatan baksos…
      banyak2 konsultasi sama pembina karang taruna lo, ketua rw, dan ketua2 RT… selebihnya lo sama tim lo yg jalanin…
      itu aja sih saran dari gw…

      • karangtarunakembang@yahoo.com
      • February 18th, 2010

      heru salam karang taruna……

      heru karang taruna rw tidak ada
      yang ada karang taruna desa atau karang taruna kelurahan
      yang ada di rw adala kelompok2 aktifitas anggota karang taruna yg tetap dikoordinir oleh pengurus karang taruna kelurahab atau dea dimana organisasi itu berada jadi kami sarankan kepada heru dan kawan2 untuk bergabung dengan karang taruna kelurahan/desa kalau seandainya pengurus karang taruna kelurahan/desa dimana heru berdomisiki . oya heru kunjungi aja fb karang taruna lampung disana ada buku saku karang taruna dan ad art karang taruna Indonesia

      oke salam karang taruna
      dari Alnoferi
      ketua karang taruna Kota payakumbuh
      Sumbar

  7. coba dulu lo jelasin
    karang taruna itu sebenarnya apa?
    anggaran rumah tangganya seperti apa sebenarnya?

    tolong di jawap dongan,aku lagi mau memperbaiki struktur dan cara pikir anggata karang taruna yang ada di kampung halaman gue.
    bujur
    mauli ate
    horas
    salam pemuda pembangunan

    • khoirul ma’at
    • March 12th, 2009

    salam buat teman-teman “inspirasi 5 jari”. kami para muda ingin kreatif seperti sobat semua. kami ingin menggabungkan para muda dalam wadah karang taruna. kita bisa saling shaing masalah kepemudaan pada khususnya dan kesejahteraan sosial pada umumnya.
    salam muda.

  8. @ mas heri guru singa:
    Karang taruna itu sebenernya dibentuk dengan maksud memberdayakan remaja2 indonesia khususnya yg tidak mempunyai pekerjaan atau pendidikan agar bisa menjadi remaja yg berguna, kreatif, dan positif. Selama dikarang taruna mereka akan dilatih keterampilan2.

    Untuk anggaran rumah tangganya, waktu gw sempet jadi ketua karang taruna sih, gw selalu memungut uang kas dari anggota perbulan Rp5000,-. Itupun berdasarkan keputusan bersama seluruh anggota. Klo kita mau mengadakan acara, misal 17an, kita akan mengumpulkan dana door to door ke rumah2 warga.
    Cuman terakhir gw ikut rapat di kelurahan sama seluruh ketua karang taruna di kelurahan gw, sebenernya setiap karang taruna itu dapat anggaran sendiri dari kelurahan setiap bulannya yg akan diserahkan ke RW, baru ke karang taruna (kalau karang taruna anda terdaftar di kelurahan).
    Nah, coba deh lo tanya2 sama pembina atau ketua Rw tempat lo… key…

    • orixs
    • March 25th, 2009

    Tanks Bro, aku copy logonya ya, boleh kan??
    Aku baru mau merintis lagi karang taruna di RW ku yang lama vakum, dan kemarin lusa kepengurusan yang baru, baru aja dilantik oleh Kepala Kelurahan di kampungku, Kebetulan aku jadi Ketuanya,
    Minta tolong dibantu ya !!, aku sangat butuh saran dan info dari inspirasi5jari tentang Karang Taruna,, Maklum aku Baru Kenal yang namanya karang Taruna, Aku sempat kaget dan ragu sewaktu Terpilih jadi ketua. Makasih Bro

  9. mw nanye nich..
    apa to arti ADITYIA KARYA MAHATVA YODHA KARANG TARUNA

    • Buat mas ars :

      KARANG TARUNA :
      KARANG = Pekarangan, halaman, atau tempat
      TARUNA = Remaja
      atau ‘Tempat atau wadah pembinaan remaja’

      ADITYA KARYA MAHATVA YODHA
      ADITYA = Cerdas, penuh pengalaman
      KARYA = Pekerjaan
      MAHATVA = Terhormat, berbudi luhur.
      YODHA = Pejuang, patriot
      atau ‘pejuang yang berkepribadian, berpengetahuan dan trampil’

        • wahyu priyanto
        • April 17th, 2012

        tq 4 the info.
        filosofi nya bagus skali
        nyok kta krjakan.

    • sumarno
    • April 6th, 2009

    salam karang taruna

    • sumarno
    • April 6th, 2009

    saya pengurus karang taruna di daerah. sebenernya saya pengen tau banyak tentang gimana memajukan karang taruna supaya bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat.
    saya harus bertanya siapa dan berkordinasi siapa mas.

    • dn wahjudi
    • May 24th, 2009

    Terimakasih sudah menampilkan logo dan pedoman karang taruna indonesia.
    Sangat bermanfaat bagi kami, untuk mengembangkan karangtaruna di daerah pedalaman.

    • Ava
    • May 28th, 2009

    aq mnta logo nya y,,,,mkch……..
    aq jg prihatin keadaan karang taruna sekarang …..
    butuh inovasi baru………

    • m.yasin
    • July 3rd, 2009

    lam kenal,mas makasi ya logonya. ia nih jamn sekarang untuk menyatukan pemuda sangat susuah bangaet dan satu lagi kita itu krisis ke pemimpinan,jdi selalu itu” aj yang menjabat sebagai kepengurusannya.ada tips untuk menyatukan para pemuda di linkungan rw ga ya???

    • harus regenerasi dong mas… klo bisa jangan itu2 aja yg menjabat di kepemimpinan.
      Selain di kepengurusan, mereka harus digilir untuk mendapat jabatan dalam kepanitiaan acara yg dibuat karang taruna. Jadi pada suatu saat mereka sudah bisa diberikan tanggung jawab lebih.
      Sering2 adakan acara yg bersifat sosial yg mau tidak mau melibatkan semua pemuda… gud lak…:)

    • Yudi
    • July 14th, 2009

    Salam kenal bwt temen2 yang pengen maju dalam wadah Karang Taruna.
    Aku ketua KT. Widya Kusuma Kel. Kandang Panjang Kota Pekaongan.
    Alhamdulillah Karang Taruna kembali exsist setelah sekian lama Dep.Sos hengkang.
    Di bawah naungan Dinsosnakertrans yang sekarang ini, Karang Taruna mempunyai banyak kesempatan untuk maju. Di tingkat kecamatan ada BKK, di desa ada BKM yang siap memberikan pinjaman modal guna mengembangkan usaha Karang Taruna.
    Karang Taruna diharapkan menjadi pilar yang kelima setelah Kelurahan, PKK, BKM dan LPM, yang diharapkan mampu memberdayakan masyarakat, khususnya pemuda.
    Salam SUKSES Karang Tatuna Indonesia!!!

    • yogie
    • July 15th, 2009

    Didalam penerapan antara praktek dan teori, seharusnya balance. Tapi dalam kaitan diatas, teori lebih mudah dari pada praktek. Kita sebagai pemuda sudah dapat bersyukur berada dan lahir di negeri tercinta Indonesia,dengan tatanan kultur yang beragam budaya dan bersatu disusun dalam wadah perundang-undangan pedoman kepemudaan. Tinggal masing-masing perindividual untuk dapat menerima, mengerti dan melaksanakannya, agar lebih tertata, berbudaya, dan ber ADAB

    Zaman semakin kedepan dan semakin tua, hidup kita cuma 1 kali di dunia, ketidak jujuran dalam kehidupan pun semakin pesat dan bertambah. Mari kita koreksi diri masing-masing.
    1.Pantaskah kita sebagai hamba-Nya berbohong terhadap hamba-Nya, dihadapan-Nya. yang kita tahu Ketuhanan terletak diurutan pertama dalam azas Pancasila
    2.Seberapa jauh ilmu didunia, yang mengatasnamakan lulusan Hukum, sedang mereka mempermainkan hukum yang telah dibuat sendiri olehnya, dengan meninggalkan hukum-Nya
    3.Menilai seseorang terletak pada tulisan, gaji tulisan, pengalaman tulisan, tanpa melihat tulisan dalam diri, jiwa, hati, untuk berkemampuan sebagai manusia yang ber ADAB.

    salam seperjuangan

    Humas Karang taruna Kel. Indro. Gresik

  10. salam pemuda…

    • Asep Nurjamal
    • August 4th, 2009

    saya pemain baru dikarang taruna, boleh tanya gak. saya ingin tahu banyak tentang karang taruna indonesia, mulai dari sejarah, visi misi, AD/ART.terimaksih

  11. salam
    Q dari karang taruna Rembang

    • marali
    • October 9th, 2009

    Salam kompak KARANG TRUNA SEINDONESI.saya bru buat karang taruna setahun yg ll,tp knp y kok sll bnyk mslh.untuk menghilangkan smua itu gmn y?tlg dong abang2 senior bri tau solusinya

    • when
    • October 19th, 2009

    ass.. mau tnya neh.. bagian dr karang taruna ini pa ja..??? trus kgiatan na pa ja dan bagaimana cra pembntukan nya ??
    kalo bisa krim ke fb aq ja di wenda_manja@yahoo.com
    ok thank buat karang taruna yg lain na..

    • Agus Hermawan
    • October 22nd, 2009

    Aku prihatin sekali melihat karang taruna masa kini, mereka mengakui Organisasi ini tapi mereka tidak paham apa itu Karang taruna, maka derngan itu kami mengharapkan sekali segeralah pemehaman2 tentang karang taruna ini di galakan kembali jangan menunggu habis terkikis oleh paradigma pragmatis. karang taruna mah atuh dari dulu juga tetap Organisasi Sosial Jadi harus di bangun dengan Kesetiakawanan sosial.

    • SUPRIHNO
    • October 27th, 2009

    MOHON DOA RESTU ACARA TEMUKARYA KT BANJARNEGARA,DI DS MERDEN 31-O1/10/2009,&PENCANANGAN DS KARANG TARUNA.

    • helmi
    • November 25th, 2009

    salam adhitya karya mahatva yodha
    mohon doa restu kartarcam gedangan sudah di lantik semoga ke depannya kartracam gedangan tetap semangat dan merdeka

    • helmi
    • November 25th, 2009

    teman-teman se perjuangan kartar barang kali kalian mau kirim e-mail ke aku ya ni alamatnya :wwwkartarcamgedangan@yahoo.com

    • agus boncel
    • December 11th, 2009

    hiii teman2 w mau minta logo katar indonesia yang ukuran’y gede ada g !!!!!!!
    trim’s

    • Muhammad anwar S.Psi
    • December 26th, 2009

    Salam hormat buat semua, kami karang taruna desa cisontrol minta petunjuk tentang gmn sebenerna prjalana/jenjang kerja dari KTI tu sndiri soalnya kami kepengurusan masih ngerasa kikuk buat bergerak terima kasih sebelumnya.
    Mohon bntuan smuanya…

    • Witono
    • February 8th, 2010

    Mas saya pingin tau, syarat bikin kt itu apa aja? Di kampun ku ada organi sasi pemuda dengan anggota 90 orang, tp ngak tau sudah diakui jadi KT belum. Untuk penghasilan organi sasi cuma 1jt/bulan. Gimana agar diakui pemerintah

    • karangtarunakembang@yahoo.com
    • February 18th, 2010

    heri guru singa :
    coba dulu lo jelasin
    karang taruna itu sebenarnya apa?
    anggaran rumah tangganya seperti apa sebenarnya?
    tolong di jawap dongan,aku lagi mau memperbaiki struktur dan cara pikir anggata karang taruna yang ada di kampung halaman gue.
    bujur
    mauli ate Karang taruna adala organisasi sosial kemasyarakattan yang berada di kelurahan atau desa
    keanggotaan karang taruna adalah warga karang taruna yang berumur antara 11 sampai 45 tahun yang berada dikelurahan/desa dimana organisasi ini berada
    karena keanggotaan karang taruna ini bersifat stelsel fasif maka seluruh masyarakat yang berada didesa atau kelurahan yg berumur 11 s/d 45 tahun merupakan anggota karang Taruna suka /tidak suka mereka harus diberdayakan oleh pengurus karang taruna desa/kelurahan untuk meminimalisir permasalahan sosial dan usaha kesejahteraan sosial yg berkembang disuatu desa atau kelurahan

    karena terbatas nyg ruangan ini kami harap pertama skali hubungi dinas sosial kabupaten/kota tempat saudara berdomisili atau buka FB karang taruna Kembangdelima@yahoo.com

    ok salam karang taruna
    bravo untuk pemikiran semua
    horas
    salam pemuda pembangunan

      • Moch. nurkholis
      • April 21st, 2010

      Salam kenal mua boat pemuda pemudi indonesia
      (Karang Taruna Putra Majapahit Noro – Mojokerto

    • karangtarunakembang@yahoo.com
    • February 18th, 2010

    agus boncel :
    hiii teman2 w mau minta logo katar indonesia yang ukuran’y gede ada g !!!!!!!
    trim’s

    ada dond load aja di di FB karang Taruna Lampung

    • muhid
    • February 24th, 2010

    trims, logo karang taruna nya. dah lam sy cari baru ketemu ni, bagi teman-teman yang punya AD/ART karang taruna tolong infonya ditunggu …………..ok

    • agus
    • April 19th, 2010

    mas saya karang taruna asal jogja tapi belum ada AD/ART nya tolong DI tunjukan makasih

    • Mila
    • May 2nd, 2010

    Karang Taruna di RW-ku baru dibentuk lagi setelah vacum sekitar 10 tahun nih… Karena itu saya sedang mencari informasi dasar tentang karang taruna… Kalau ada teman2 yg punya contoh AD/ART karang taruna, saya mau copy-nya. Mohon bantuannya… (^_^)
    Kalo menurut saya sih karang taruna masih bisa jadi wadah yg baik untuk para pemuda. Selama bisa terus berinovasi. Hehehehehehehehehe….

    • Muzakkir
    • May 26th, 2010

    kalo karang taruna itu apa ada bantuan dana dari pemerintah ?

    • Miftah
    • May 31st, 2010

    salam pemuda,
    yup kita pemuda harus lebih kreatif dan inovatif. qt coba tuk saling beri solusi coba di bka di email
    karangtarunakopaja.blogspot.com

    • togel
    • June 1st, 2010

    mas ku dari ndeso sukosono njepero tolong ajari bikin ADART nya dong.

    kitim ke E-mail: togeljpr@gmail.com

    • ringga
    • August 26th, 2010

    teman2 karang taruna seperjuang mari kta membangun generasi muda yang penuh kreatifitas n menjalankan kegiatan sosial
    tp kta jga mesti ada dukungan dari semua unsur elemen masarakat. n pemerintahh agar di perhatikan masalahh tunjangan bulanan agat dapat memacu semangat untuk berkarya n jga mesti ada penyaluran SDM yang minimal bisa bekerja di pemerintahh n perusaan wilayahh setempatt???merdeka untuk teman2 kt se indonesia

    • sukandi
    • August 27th, 2010

    salam pemuda…..,

    mohon bantuan dari teman-teman untuk memberikan informasi dan data tentang cara pengajuan/pembentukan karang taruna dalam lingkup desa.

    salam,

    sukandi

    • aris
    • October 18th, 2010

    minta AD ART Karang taruna yang komplit donk. aku baru mau merintis karang taruna

    • jenalabidin
    • November 30th, 2010

    salam pemuda…

    saya baru d pilih menjadi wakil ketua karang taruna cikampek..

    desa babakan jati …

    saya mohon minta penjelasan soal organisasi karang taruna…
    supaya saya menjalankan dengan baik…

    Wasalam..

  12. Informasi seputar keorganisasian Karang Taruna dapat dilihat disini: http://www.karangtarunabanten.com
    Insya Allah Lengkap

    • KARANG TARUNA ORBIT 008
    • May 29th, 2011

    ASSALAM…

    MOHON DUKUNGAN DAN MOTIVASI BAGI KAMI KARANG TARUNA ORBIT 008 YG BARU TERBENTUK DI LINGKUNGAN RT 008/001 KEL.ARENJAYA BEKASI.

    • pepen Effendi
    • July 5th, 2011

    hai tmn2 pengurus /anggt k.taruna.kami dari karang taruna ds. Sp Rimba,kamipun baru di karang taruna kami bru kr2 1 bln brjln.krn kepengurusan yg lama vakum shg km membentuk kepengurusan baru,untk itu kepada kaka2 senior & tmn2 dr k.taruna smua km mhn bantuany ttg tt cara kepengurusan karang taruna.terutama kami mhn bantun ttg cara membuat pelaporan realisasi penggunaan dana dr dana ADD.terima kasih .

    • ajisakti
    • August 23rd, 2011

    Assalamu’alaikum wrwb.
    Seperti halnya mba’mila dan mas aris, saya mohon kepada temen” yg sdh pengalaman di bidang kepemudaan khususnya karang taruna bagi” ilmu donk, bagaimana penyususnan AD/ART, kasih contoh donk…….?

    • putri
    • November 10th, 2011

    assalamualaikum..
    perkenalkan..
    nama saya putri,,
    saya wakil ketua karang taruna tunas bangsa desa sidokerto rt.01 rw.03 buduran – sidoarjo..
    salam kenal untuk semua karang taruna seindonesia,,
    disini saya ingin menjalin komunikasi dengan teman2 semua,,
    saya juga memohon bantuannya untuk berbagi ilmu dengan mas,,mas dan mbak2nya yg lebih faham ttg karang taruna,,
    terimakasih..
    wassalamualaikum,,
    salam ADITYA KARYA MAHATVA YODHA…..!!!

  13. There are some interesting cut-off dates on this article however I don’t know if I see all of them heart to heart. There is some validity but I’ll take maintain opinion till I look into it further. Good article , thanks and we want more! Added to FeedBurner as well

    • ryan buenn
    • November 23rd, 2011

    salam kenal buat temen2 mua,,,
    disini saya pengen tanya tanya tentang K.T
    di desa saya K.T semakin melemah,,,,ada cara buar memajukan kembali semangat pemuda agar bisa membangun K.T yang kompak kembali……

    tolong buat saran temen temen semuanya disini,,,

    trims’s////

    • shidiq
    • March 4th, 2012

    Aslmualaikum..salam kenal..saya dari Karang Taruna Dusun bungkil Megaluh Jombang…di Organisasi desa kami ada sebuah kendala mengenai dana oprasional kegiatan yang dari pemerintah…selalu dibelit-belitkan..dan sampai 2 tahun dana tidak d cairkan,..mohon saran dari rekan-rekan semua..

  14. maju terus bung, bakti muda nusa bangsa,

    • rizza
    • January 13th, 2013

    saya dari karang taruna dusun gempol jedong cangkring -prambon-sidoarjo..
    mohon bantuan inspirasinya untuk stempel karang taruna

    • mifta
    • September 4th, 2013

    saya dari karang taruna desa kepuhlegundi bisa minta di tracing bang

    • Lutfi Siompo
    • December 27th, 2013

    untuk wadah di Desa Karang Taruna mempunyai peran penting kini yang muda yang berkarya. . . . he he he he

    • Lutfi Siompo
    • December 27th, 2013

    Karang Taruna Dari Kita Buat Kita dan Utuk Kita semua. kalau bukan kita siapa lagi. kalau bukan di Desa kita berbuat dimanalagi. kalau bukan hari ini kapan lagi… maju terus pantang mundur.. Retemena Bara Sehe…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: