Alat Pencari Inspirasi Warna

Mencari warna, kadang menjadi hal yang paling pelik, kita dihadapkan dengan keinginan klien atau tema dari desain yang akan dibuat. Klassik, Web 2.0, Pastel, Minimalis, Formil, dan tema yang lainnya memerlukan keserasian warna yang mendukung. Dalam hal ini, saya ingin berbagi pengalaman mengenai proses pencarian warna yang sering saya lakukan selama ini.

Kuler

Di internet terdapat banyak sekali situs yang menawarkan fasilitas pencarian warna ini, tapi yang paling saya anjurkan adalah Kuler dari Adobe. Fasilitas ini ditawarkan secara cuma-cuma, setiap warna diberi fasilitas tagging yang sangat mempermudah pencarian warna. Silakan Anda pergunakan kotak pencarian untuk memasukan tema warna yang ingin dicari.

Kuler Adobe

Color Schemer

Alat lain yang tak kalah hebatnya adalah Color Schemer. Lain halnya dengan Kuler dapat dipergunakan secara online, Color Schemer diharuskan untuk di download terlebih dahulu karena ia berupa Aplikasi, Color Schemer mendukung sistem operasi Windows dan Mac.

Color Schemer OSX

Bila Anda cukup bingung menggunakan aplikasi ini untuk pertama kali, Scheme Gallery bisa jadi inspirasi. Cari warna yang mendekati keinginan Anda, Download, lalu buka menggunakan Color Schemer.

Palete Grabber

Yang tak kalah menarik adalah sebuah addon untuk firefox yaitu Palette Grabber. Palete grabber memungkinkan Anda untuk “mencuri” komposisi warna dari sebuah situs Web, kemudian Anda dapat menyimpan informasi warna tersebut dalam format warna untuk Photoshop, Paint Shop Pro, GIMP, Flash, atau Fireworks. Dan kemudian menggunakannya bersama dengan aplikasi yang Anda gunakan.

Tips

Setelah warna diperoleh, pastikan agar warna yang dipergunakan dibatasi, dalam artian, jangan terlalu menggunakan banyak warna dalam sebuah desain, apalagi dalam desain Web. Pertimbangkan ke-kontrasan, warna primer, sekunder, dan warna apa yang cocok untuk warna latar atau background.

Dalam bekerja membangun sebuah web, karya seni grafis, atau desain lainnya, ketiga alat tersebut sering saya pergunakan. Namun, selain dengan bantuan alat, rasa seni yang ada pada diri Anda lebih menentukan.

sumber : (http://designworld.master.web.id)

  1. It is actually a great and helpful piece of information.

    I’m happy that you just shared this helpful info with us. Please stay us informed like this. Thanks for sharing.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: