Situ Gintung

Apa yang akan kalian lakukan bila sebuah bencana terjadi pada diri anda ataupun keluarga anda?

Menangis… Hanya menangis yang bisa saya lakukan ketika melihat berita itu di televisi. Saya tidak sanggup menahan tumpahan air mata saya walaupun tidak ada satupun sanak keluarga saya yang menjadi korban, tetap saja saya menangis. Dan yang membuat saya menjadi marah adalah ketika melihat kumpulan ‘badut – badut’ itu malah berkampanye ditengah – tengah kesedihan yang ada. Sungguh menyedihkan bangsaku ini.

Menangis

Menangis

Ini salah siapa? Menurut informasi yang ada, bendungan tersebut didirikan oleh belanda pada tahun 1933 dan belum pernah sekalipun direnovasi. Bendungan tersebut sudah pernah jebol pada November 2008, namun hanya bagian bawahnya saja. Masyarakat setempatlah yang memperbaiki jebolnya tanggul tersebut.

Dengan adanya fakta ini, siapa yang kira – kira bisa kita salahkan? Tuhankah…?? Tolonglah, kita sudah terlalu sering menyalahkan Tuhan. Yang saya tau, Tuhan selalu memberi yang terbaik kepada kita. Jadi tolong dibedakan antara God Decision dan Human error. Ini sudah jelas disebabkan oleh Human error, karena menyangkut sebuah infrastruktur yaitu bendungan. Kalau ini merupakan sebuah Human error, berarti ini adalah pembunuhan massal!

Kalau untuk memperbaiki sebuah bendungan saja harus menunggu sebuah proyek yang harus dilelang, entah berapa nyawa lagi yang harus hilang? Mungkin saja bendungan sekitar anda berikutnya, atau jembatan, atau apapun itu infrastrukturnya. Terimakah anda?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

