Introvert

Beberapa tahun belakangan ini saya coba untuk mengenali diri saya sendiri, mencoba menganalisa masalah-masalah yang ada dalam diri. Introvert adalah salah satunya. Kenapa saya menyebut diri saya seorang introvert? Karena dari hasil research saya baca tentang berbagai ciri-ciri orang introvert, hampir semuanya saya rasakan. Buat yang belum tau apa itu introvert akan saya berikan sedikit penjelasan.

Introvert adalah kepribadian manusia yang lebih berkaitan dengan dunia dalam pikiran manusia itu sendiri. Jadi manusia yang memiliki sifat introvert ini lebih cenderung menutup diri dari kehidupan luar. Mereka adalah manusia yang lebih banyak berpikir dan lebih sedikit beraktifitas. Mereka juga orang-orang yang lebih senang berada dalam kesunyian atau kondisi yang tenang, daripada di tempat yang terlalu banyak orang.

Untuk saya mungkin tidak ada masalah dengan kepribadian yang saya jalani. Namun, sedikit menghambat untuk sesuatu yang ingin saya capai. Berbeda dengan orang-orang berkepribadian extrovert (sebaliknya), orang-orang seperti kami susah untuk berhadapan dengan orang. Kadang-kadang ada perasaan ‘i hate people‘. Betapa tersiksanya kami saat dalam situasi yang harus melibatkan komunikasi dengan banyak orang. Bukan perasaan takut atau tidak percaya diri, bukan itu, tetapi ada sesuatu yang saya sendiri tidak bisa mengungkapkannya tapi itu sangat menyiksa. Untuk beberapa hal saya bisa memecahkan masalah tanpa harus melibatkan banyak orang, saya ahli akan hal ini.

Saya terlalu banyak berfikir, tentang ini, tentang itu, tentang apapun. Mengapa ini begini, mengapa ini begitu, semua menjadi pertanyaan di kepala. Bahkan saya bisa suka atau membenci orang sebelum dia menyapa saya, saya sudah bisa menebak karakter orang tersebut. Ini sulit dijelaskan, tetapi ini benar- benar saya alami. Saya sempat mencari beberapa solusi tentang kepribadian introvert ini. Di sebutkan di salah satu web kedokteran (walaupun ini bukan suatu penyakit loh ya), saran untuk Introvert adalah :

  • Menulislah tentang hal-hal yang menarik bagi Anda, mungkin topiknya tidak harus tentang diri Anda sendiri. Anda juga bisa menggunakan jaringan sosial dan membangun hubungan yang kuat dengan orang-orang. Kegiatan semacam ini akan meningkatkan kekuatan diri.
  • Cobalah untuk mendalami suatu hal hingga Anda menjadi ahli dalam bidang tersebut. Lanjutkan dengan menuliskannya dan berbagi pengetahuan tersebut kepada orang lain dengan bidang yang sama.
  • Upayakan untuk melakukan percakapan kecil dengan beberapa orang.
  • Lakukan interaksi sederhana, seperti menyapa orang dengan kontak mata yang baik.
  • Anda juga bisa belajar public speaking, berbicaralah di depan banyak orang. Hal ini merupakan penyaluran energi yang sangat efisien bagi seorang introvert.
  • Sesekali luangkan waktu untuk diri sendiri. Kegiatan ini berguna sebagai upaya menyegarkan diri dari kepenatan.

Ini sangat menyiksa bagi saya. Dan pada akhirnya saran terakhirlah yang selalu saya lakukan (haha).

Untuk anda orang-orang extrovert, sebaiknya anda kenali orang-orang seperti saya. Karena saya pun mempelajari kepribadian anda. Ada banyak hal di kepala saya yang sangat mengganggu, dan orang-orang seperti kalian tidak akan paham dengan ini. Kalau kami sedikit pendiam di beberapa situasi, bukan berarti kami tidak peduli dengan apa yang kalian bicarakan, kami memahami lebih dari yang anda bisa bayangkan, tetapi kadang memang kita tidak pandai bersuara. Kalau dari beberapa anda ingin mengetahui ciri-ciri orang introvert, mungkin google akan membantu (haha). Kenali orang-orang ini di sekitar anda, dan rasakan dahsyatnya manusia-manusia ini apabila anda adalah salah satu sahabatnya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

